Peluang Usaha Sampingan Karyawan
Usaha Sampingan - Seringkali masalah yang timbul dalam usaha membuat Anda tidak dapat berpikir secara
jernih dan Anda pun keluar dari jalur angan-angan Anda yang telah digariskan sebelumnya. Hal
ini makin diperparah ketika Anda tidak mampu melihat dan menangkap peluang yang ada
disekitar Anda. Sehingga Anda pun masuk dalam zona ‘stuck’.
Rambat Lupiyoadi (2004) mengatakan bahwa dunia ini penuh dengan peluang, bukan masalah.
Bahkan Tuhan pun telah mengingatkan bahwa didalam masalah atau problematika yang kita
hadapi, disitu pula sebenarnya ada kemudahan atau peluang. Hanya saja masalahnya apakah kita
memandang suatu situasi sebagai masalah yang harus dihindari atau sebagai bisnis untuk dikejar?
Jadi, Anda dituntut untuk dapat melihat peluang agar dapat mengembangkan usaha Anda.
Peluang tersebut akan membesarkan usaha Anda. Masalah yang timbul mungkin dapat menjadi
persoalan yang penting untuk diatasi. Tapi akan lebih baik apabila masalah tersebut diubah
menjadi peluang untuk berkembang.
Untuk dapat berkembang, anda dituntut untuk dapat bersaing dengan para saingan usaha anda.
Mengenali kondisi tipikal persaingan baru saat ini sangatlah anda perlukan. Anda dapat
mengibaratkannya sebagai seorang teman yang baru saja anda kenal. Apakah anda dapat
beradaptasi dengan teman anda dan memahami teman anda, sedangkan anda sendiri belum
mengetahui secara jelas tipikal teman anda? Nah, berikut ini gambaran umum dari tipikal kondisi
persaingan baru saat ini.
• Para entrepreneur sulit untuk mengenal siapa, dimana, bilamana, serta bagaimana
kekuatan dan kelemahan pesaingnya
• Perubahan yang berjalan dengan cepat
• Tingkat kompetisi yang sangat tinggi
• Timbulnya berbagai hal diluar perkiraan dan pengalaman Anda sebelumnya
Jadi Apa yang Perlu Ditingkatkan dari Seorang Entrepreneur?
Umumnya, pelanggan itu berada dalam keadaan sadar akan hasratnya untuk memperoleh
dan mengkonsumsi suatu barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya. Tetapi
banyak pula yang terjadi sebaliknya, dimana pelanggan mulai menyadari bahwa ia membutuhkan
barang atau jasa tersebut setelah melihat sendiri atau mendengar dari orang lain mengenai
keuntungan yang akan ia peroleh, meskipun sebelumnya tidak terpikir olehnya bahwa barang atau
jasa tersebut adalah sesuai dengan keinginannya.
Kebutuhan atau keinginan pelanggan tersebut harus dilihat dan ditangkap secara
gamblang oleh entrepreneur untuk dapat dijadikan suatu peluang. Seringkali peluang sudah
dilihat didepan mata, namun tidak ditangkap oleh Anda. Dan seringkali pula peluang yang sudah
ditangkap digenggaman pun anda biarkan begitu saja, tanpa anda manfaatkan. Sehingga peluang
tersebut pun bisa saja hilang atau dimanfaatkan oleh kompetitor Anda.
Hal ini dapat terjadi secara sadar ataupun tidak sadar pada seseorang yang sedang menjalankan
suatu usaha. Didepannya padahal sudah terpampang peluang yang menganga begitu besar, namun
adanya peluang tersebut tidak disadari olehnya. Peluang tersebut merupakan kesempatan bagi
dirinya untuk dapat mengembangkan usaha. Oleh karena itu, seorang entrepreneur harus
mengasah kepekaannya (alertness) untuk dapat melihat setiap peluang untuk berkembang.
Kepekaan seorang entrepreneur adalah kemampuan untuk melihat dimana produk atau
jasa yang semula tidak ada, mempunyai nilai tak terduga bagi pelanggan dan metode produksi
baru yang dimiliki menjadi layak, yang sebelumnya tidak diketahui oleh orang lain.
Dengan mengasah kepekaan, seorang entrepreneur diharapkan dapat mengidentifikasi
setiap peluang yang menguntungkan dan dapat mengambil keputusan stratejik untuk
pengembangan usahanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar